Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Begini Cara Astronot Memasak di Antariksa

Kompas.com - 27/03/2013, 12:26 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Puluhan astronot telah dikirim ke luar angkasa sejak empat dekade lalu. Namun, bagi kita semua para awam, antariksa tetap suatu lingkungan yang sulit dibayangkan. Bagaimana harus hidup di luar angkasa?

Astronot Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Chris Hadfield, yang kini tengah berada di International Space Station (ISS), menunjukkan betapa hidup di luar angkasa berbeda, tetapi sekaligus biasa saja.

Hadfield menunjukkan keseharian hidup di luar angkasa. Dalam video terbaru, ia unjuk gigi bagaimana menjadi chef di luar angkasa. Ternyata, memasak di luar angkasa tak serumit di Bumi. Di sana, memasak bagai menyulap.

Dalam video pertama, Hadfield menunjukkan cara memasak bayam. Tak perlu seperti di Bumi di mana bayam harus dicuci, direbus dengan air mendidih selama beberapa saat, dan memerlukan bahan bakar atau listrik untuk memasaknya, di luar angkasa, modalnya cukup bayam kering dan air.

"Untuk menyiapkan bayam, cukup sambungkan dengan saluran distribusi air, pilih jumlah air yang diinginkan dan tekan tombol," katanya seperti dikutip Space.com, Selasa (26/3/2013).

 

 

Dalam video lain, Hadfield menunjukkan bagaimana cara membuat sandwich selai kacang dan madu, menu yang mungkin nikmat untuk sarapan dan diminum bersama kopi.

Hadfield mengungkapkan, beberapa penyesuaian harus dilakukan. Sandwich tidak dibuat dari roti, tetapi tortilla. Tortilla bisa awet 18 bulan di luar angkasa.

Mengapa tak memakai roti? Hadfield menjawab, roti biasanya menghasilkan remah-remah. Di Bumi, remah-remah roti akan jatuh ke lantai dan mudah dibersihkan. Namun, di luar angkasa, remah-remah akan melayang.

Cara membuat sandwich kacang ternyata sama saja. Cukup ambil tortilla dari kemasan, kemudian mengoleskan selai kacang dan madu.

 

 

Hadfield menunjukkan hal unik. Madu dalam kemasan biasanya memiliki gelembung. Di Bumi, gelembung biasanya berada di bagian atas. Namun, karena tak ada gravitasi, gelembung menyebar ke seluruh kemasan madu.

Mungkin, perlu sedikit hati-hati bila memasak di luar angkasa. Pisau dan gunting tak bisa sembarang diletakkan. Barang-barang akan melayang dan pisau bisa saja menusuk bagian mana saja dari tubuh. Benda tajam bisa diletakkan di saluran yang punya kekuatan mengisap. Mau mencoba memasak di luar angkasa? Jadi astronot dahulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com