Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UI Siap Ikuti Kompetisi Kendaraan Hemat Energi

Kompas.com - 20/03/2013, 18:19 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Untuk keempat kalinya, Universitas Indonesia (UI) akan berpartisipasi kembali dalam kompetisi "Shell Eco-marathon Asia 2013"  yang digelar di Malaysia pada 4-7 Juli 2013 di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Dalam kompetisi ini, UI mengirimkan dua tim. Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko di Depok, Rabu (20/3/2013), mengatakan UI akan menggelar acara Grand Launching Shell Eco-marathon Asia 2013 Universitas Indonesia pada Kamis besok.

Acara Grand Launching Shell Eco-marathon UI Cars bakal memperkenalkan Tim Shell Eco-marathon Asia 2013 UI Running Test Shell-Eco-marathon UI Cars Pada kompetisi tingkat Asia ini, UI akan mengirimkan dua tim untuk berpartisipasi dalam kategori yaitu prototype dan urban concept yang berfokus pada efisiensi penggunaan bahan bakar.

Dalam kategori prototype, UI mengirimkan rancangan Keris RV yang merupakan kendaraan hemat energi rancangan tim Nakoela sebagai generasi kelima yang dilengkapi dengan teknologi injeksi dengan Programmable ECU.

Didesain dengan tingkat aerodinamis yang tinggi, tampilan Keris RV jauh berbeda dari sebelumnya dengan dibekali material chassis yang ringan tetapi kuat.

Pada kategori urban concept, UI mengirimkan satu tim yaitu tim Sadewa dengan mobil Kalabia evo-3 yang merupakan kendaraan ultra-efisien dan ramah lingkungan yang dirancang berbasiskan teknologi injeksi dengan Programmable ECU dan  Sadewa Bi-Spark Ignition. Tim Sadewa juga merancang kendaraan berdasarkan kondisi trek Sirkuit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com