Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Feses Potensial Jadi Pelindung Radiasi Misi ke Mars

Kompas.com - 04/03/2013, 20:04 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS. com — Inspiration Mars yang baru saja diluncurkan oleh miliarder Amerika Serikat, Dennis Tito, membuat kejutan dengan menawarkan kepada pasangan suami istri untuk berbulan madu melewati Mars selama 501 hari. Kini mereka muncul lagi dengan soal kejutan tameng radiasi.

Salah satu tantangan dalam misi luar angkasa jarak jauh adalah radiasi sinar kosmik yang bisa sangat merugikan. Awak perjalanan luar angkasa bisa mengalami atrofi otot hingga penyakit berat lain.

Inspiration Mars mempunyai konsep baru dalam menangani masalah radiasi. Taber MacCallum, anggota misi Inspiration Mars, mengungkapkan bahwa radiasi bisa diperangi dengan feses, kotoran manusia itu sendiri. Radiasi bisa ditangkal dengan kotoran.

"Ini terdengar menjijikkan, tetapi tak ada tempat lain untuk menyimpan material itu. Dan, material ini punya sifat penangkal radiasi yang bagus," ungkap MacCallum seperti dikutip New Scientist, Jumat (1/3/2013).

MacCallum juga mengatakan bahwa urine dan feses manusia bisa ditampung dalam kantong penampung. Kantong berisi sampah itu bisa berfungsi sebagai tameng radiasi. Urine bisa didaur ulang menjadi air minum.

"Dehidrasikan sampah itu sebisa mungkin karena kita membutuhkan airnya kembali. Sementara sampah padat bisa diletakkan di dalam kantong lalu ditaruh persis di dinding pesawat antariksa," jelas MacCallum.

Makanan juga bisa dipakai sebagai tameng radiasi terkontaminasi radioaktif. "Makanan akan disimpan di balik dinding pesawat antariksa. Sebabnya, makanan itu punya sifat penangkal radiasi yang baik," tambah MacCallum.

Sebelum ide ini, pernah pula dilontarkan ide untuk melindungi awak pesawat antariksa dari radiasi dengan air. Ide itu dilontarkan oleh agensi Innovative Advanced Concepts yang mempunyai proyek bertajuk Water Walls.

Dalam usulan Inspiration Mars, di dinding pesawat antariksa akan disiapkan kantong-kantong. Kantong pertama akan diisi dengan air. Ada pula kantong lain yang nantinya akan diisi dengan sampah awak pesawat. Teknik reverse osmosis akan digunakan untuk mengolah sampah.

Kendala bukannya tak ada. Proses daur ulang urine dalam kondisi minim gravitasi akan terhambat. Selain itu, tak semua kantong bisa sesuai. Tetapi, Inspiration Mars akan melengkapi pesawat dengan tangki air dan lapisan aluminium yang juga untuk mengatasi masalah radiasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com