Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awww, Fisikawan Lamar Kekasih lewat Publikasi Ilmiah

Kompas.com - 27/02/2013, 11:38 WIB
Fifi Dwi Pratiwi

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com — Cinta bisa membuat seseorang menjadi sangat kreatif untuk mendapatkan perhatian dari orang yang dia cintai, apa pun bidang pekerjaannya. Brendan, seorang fisikawan di Sydney, Australia, menggunakan sebuah "cara" unik untuk mengungkapkan keinginannya menikah dengan pasangannya, yang biasa ia lakukan sebagai seorang ilmuwan.

Kegiatan sebagai seorang fisikawan, yang hari-harinya diisi dengan kajian tentang fisika dan penulisan artikel ilmiah, mendorong Brendan melakukan sebuah studi dan melaporkannya dalam sebuah artikel ilmiah yang berjudul "Two-body Interactions: A Longitudinal Study". Artikel ini berisikan berbagai permasalahan klasik dalam dunia fisika, termasuk gaya gravitasi yang terjadi antar-dua obyek.

Namun, tujuan Brendan membuat artikel tersebut ternyata tak lain untuk melamar pasangannya, Christie (nama samaran), yang juga seorang fisikawan di Sydney. Tujuan Brendan itu disampaikan pada bagian kesimpulan dari artikel tersebut. "Penulis meminta kepada Christie demi keberlanjutan studi ini".

Pada bagian "penjelasan hasil penelitian", Brendan menjelaskan bahwa awal mula penelitian ini dibuat untuk memperingati hari jadi yang ketujuh bagi mereka. Dalam artikel ini disisipkan juga grafik "kebahagiaan vs waktu" yang menunjukkan kecenderungan terus meningkat dari waktu ke waktu, yang dilengkapi dengan prediksi kebahagiaan di masa mendatang.

Upaya Brendan berujung bahagia. Christie menerima pinangannya. Artikel ilmiah ini ditulis pada bulan Maret 2012. Namun, Christie baru memublikasikannya untuk kali pertama pada Minggu (24/2/2013) di situs reddit.com, seperti dilansir oleh BBC, kemarin (26/2/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com