Terinspirasi Film Kartun, Siswa SMA Bikin Elevator Anti Gravitasi

Kompas.com - 20/02/2013, 17:42 WIB
Fifi Dwi Pratiwi

Penulis

JAKARTA KOMPAS.com - Siswa-siswi dari MAN Insan Cendekia membuat inovasi menarik. Mereka mengembangkan elevator tanpa gravitasi. Saat ini, prototipe dari inovasi itu telah berhasil dibuat.

"Ide ini terinspirasi dari salah satu episode kartun Jimmy Neutron" ujar Lutfi, saat mewakili sekolahnya dalam kompetisi mini riset di International Engineering Week di @America Rabu (20/02/2013).

Elevator atau akrab disebut lift anti gravitasi berbeda dengan elevator biasa. Bila elevator biasa ditarik dengan prinsip katrol, elevator anti gravitasi ditarik oleh medan magnet.

Siswa-siswi ini menggunakan kumparan tembaga yang dialiri listrik untuk menciptakan medan magnet. Kumparan kemudian ditanam di dasar. Sifat kemagnetan sesama kutub yang saling tolak menolak digunakan untuk membantu kerja lift.

"Lift anti-gravitasi merupakan sebuah inovasi baru" kata Frank Mekker, salah satu perekayasa Lockheed Martin yang menjadi juri kompetisi.

Sementara, Nuryanto, guru fisika MAN Cendekia yang juga hadir dalam kompetisi tersebut mengatakan, "Prestasi ini adalah hasil kerja keras anak-anak. Mereka yang menemukan ide ini kemudian bekerja keras mewujudkannya menjadi sebuah prototipe."

Nuryanto mengungkapkan, proses pengerjaan elevator anti gravitasi ini dadakan. Siswa baru mengumpulkan material pada hari Sabtu (16/2/2013). Pengerjaan baru selesai Selasa (19/2/2013) malam.

Kerja keras siswa-siswi ini berhasil. Lewat inovasinya, mereka merebut gelar juara pada kompetisi tersebut.

Sepuluh pelajar MAN Insan Cendekia yang jadi punggawa terciptanya lift anti-gravitasi itu adalah M. Nur Fauzan (17), Lutfi Nauvan Yamin (16), M. Fahmi Gozal (15), Bagus Dwi Kurniawan (17), Adimas Euro Kurnia (16), Hafizh Aftar Makmur (15), Shifa Salsabila (16), Ismail Faruqi (16), dan Syahirul Alim (16). Semuanya adalah anggota Klub Bidang Studi Fisika di sekolahnya.