Kadal Seksi Vietnam, Semakin Biru Saat Kawin

Kompas.com - 11/02/2013, 14:37 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

HANOI, KOMPAS.com - Spesies kadal baru ditemukan di Vietnam. Dia adalah kadal yang seksi.

Kepala kadal ini berwarna biru. Warna biru akan jadi semakin cerah ketika kadal ini akan kawin. Warna biru punya dua fungsi sekaligus, menarik perhatian betina sekaligus menyombongkan diri di depan pejantan lain.

Si kadal seksi tersebut resminya bernama Calotes bachae. Penemuannya dipublikasikan di jurnal taksonomi Zootaxa, 7 Januari 2013 lalu.

Kadal biru ini ditemukan di beberapa wilayah Vietnam. Uniknya, walaupun baru, kadal ini ditemukan di tempat terbuka. Tempat dimana kadal ini ditemukan antara lain di Taman Nasional Cat Tien dan Taman Nasional Bu Gia Map serta taman kota di kota terpadat Vietnam, Ho Chi Minh City.

Bagaimana bisa spesies baru ditemukan di tempat terbuka? Well, kadal ini memang tak berbeda jauh secara fisik dengan kadal biru spesies lain, Calotes mystaceus.

Kebaruan spesies baru disadari setelah Timo Hartmann, kandidat Ph.D dari Departemen Herpetologi di Museum Koenig, Bonn, menelitinya. Ia membandingkan DNA spesies Calotes bachae dan Calotes mystaceus.

Analisis DNA dibantu oleh Nick A. Poyarkov dari Department Zoologi di Lomonosov Moscow State University di Moskwa, Rusia, yang sedang menyusun data genetik amfibi dan reptil Vietnam.

Poyarkov seperti dikutip National Geograhic, 16 Januari 2013 lalu, mengatakan bahwa penemuan ini menarik tetapi tidak mengejutkan. "Dalam banyak kasus, dua spesies katak dan kadal terlihat sama tetapi memiliki perbedaan genetik," katanya.

Lewat pengamatan lebih cermat, peneliti akhirnya mendapatkan cara lebih mudah mengidentifikasi kadal spesies baru ini dengan kerabat terdekatnya.

Calotes bachae memiliki bintik-bintik berwarna coklat di punggungnya serta organ seperti kumis berwarna kekuningan di wajahnya. Sementara Calotes mystaceus punya biktik coklat di punggung dan kumis putih.

Hartman mengungkapkan, kadal biru yang ukurannya mencapai 28 cm ini tampak sangat menyolok di siang hari dengan warna biru dan hijau. Sementara, pada malam hari kadal ini tampak berwarna coklat pada malam hari.