Katak Terbang Baru, Terjun bak Pakai Parasut

Kompas.com - 15/01/2013, 20:09 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Biolog asal Australia, Jodi Rowley, menemukan spesies katak baru di Vietnam. Katak itu berukuran cuma 9 cm tapi keahliannya mengagumkan, bisa terjun bak memakai parasut.

Spesies katak tersebut dinamai katak Helen (Rhacophorus helenae). Nama Helen diambil dari nama ibu Rowley, Helen Rowley, yang sedang menderita kanker ovarium namun memberikan dukungan pada anaknya untuk menjelajah Vietnam, meneliti katak.

Rowley mengungkapkan, katak terbang baru ini menjadi salah satu spesies katak terbang paling sibuk di dunia, mampu meloncat dari pohon ke pohon dengan jarak 20 meter dan sangat aktif.

"Katak ini punya tangan besar dan kaki yang dilengkapi selaput di seluruh bagian telapaknya. Betina spesies ini bahkan memiliki kulit berselaput di lengan depannya untuk membantu meluncur," papar Rowley. Betina spesies ini lebih besar dari jantannya.

Penemuan satu dari 80 katak terbang di dunia ini mengejutkan karena lokasi penemuan yang hanya berjarak kurang dari 100 km dari Ho Chi Minh City, salah satu kota terpadat di Vietnam.

"Awalnya mungkin terdengar aneh bahwa katak yang fantastis dan nyata itu bisa lepas dari pengamatan hingga sekarang, hidup di wilayah kurang dari 100 km dari kota berpenduduk lebih dari 9 juta orang," kata Rowley seperti dikutip National Geographic, Senin (14/1/2013).

Penemuan spesies ini menggembirakan sekaligus menyedihkan. Habitat di dekat pusat kota membuat ancaman kepunahannya besar. Wilayah suburban Ho Chi Minh City tak lepas dari pembangunan masif.

Sejauh ini, baru 5 individu yang ditemukan. Spesies ini dapat beradaptasi bila masih ada pohon besar dan kolam atau rawa. Jika seluruhnya hilang, katak ini sudah bisa dipastikan akan menghilang. Temuan katak ini dipublikasikan di Journal of Herpetology, Desember 2012.