Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Merak Banjir, KA Bisa Jadi Alternatif

Kompas.com - 11/01/2013, 09:26 WIB
Anita Yossihara

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Banjir telah membuat Tol Merak-Tangerang dan Tangerang-Merak tak bisa dilintasi beberapa hari terakhir. Agar lebih mudah, warga Cilegon, Serang, dan sekitarnya bisa menggunakan kereta api sebagai alternatif transportasi menuju Tangerang dan Jakarta, begitu pula sebaliknya.

Salah satu kereta api yang melayani rute Serang-Rangkasbitung-Tigaraksa (Tangerang)-Tanah Abang (Jakarta) adalah KA Kalimaya. Kereta api ekonomi AC yang diluncurkan pada akhir Oktober 2012 itu melayani dua jadwal keberangkatan dari Serang dan dua keberangkatan dari Tanah Abang.

KA Kalimaya berangkat dari Serang pukul 06.10 dan tiba di Tanah Abang pukul 08.20, serta pukul 13.45 dan tiba di Tanah Abang pukul 15.55. Adapun keberangkatan dari Tanah Abang dijadwalkan pukul 09.35 (tiba di Serang pukul 11.45) dan pukul 16.25 (tiba pukul 18.35).

Waktu tempuh relatif lebih pendek dibanding kereta ekonomi lain, seperti KA Banten Ekspress. Hanya dua jam lebih sepuluh menit dari Serang menuju Jakarta, ataupun sebaliknya. Maklum saja, KA Kalimaya hanya berhenti di empat stasiun, yakni Serang, Rangkasbitung, Tigaraksa, dan Tanah Abang.

KA Kalimaya juga relatif nyaman karena gerbong dilengkapi dengan AC. Selain itu, di sepanjang perjalanan juga tidak ada pedagang yang masuk dan berlalu lalang.

Ongkos tiket memang lebih mahal dari kereta ekonomi biasa, yakni Rp 40.000. Tingginya ongkos tiket disebabkan kereta ini tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Selain kereta ekonomi AC, warga juga bisa menggunakan KA Banten Ekspress sebagai alternatif. KA Banten Ekspress berangkat dari Stasiun Merak pukul 06.00 dan tiba di Tanah Abang pukul 09.57.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com