Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusa Asal Afsel Lahir di Museum Satwa Kota Batu

Kompas.com - 08/01/2013, 14:58 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

BATU, KOMPAS.com - Rusa jenis Common Eland, asal Afrika Selatan (Afsel), golongan Antelope (hewan bertanduk), yang dipelihara di museum satwa, Secreet Zoo, Jatim Park 2, kini sudah bertambah satu. Rusa yang diberi nama Dian, lahir 28 Desember 2012 lalu. "Dian" dilahirkan dari pejantan yang bernama "Jono" dan betina "Rosi".

Menurut penanggungjawab kesehatan hewan Secret Zoo, Dokter hewan Purnama Susanti, saat ditemui, Selasa (8/1/2013), proses kelahiran "Dian" tergolong sukses. "Lahirnya melalui kelahiran normal," katanya.

Berat lahir "Dian" sekitar 30 kilogram. Setelah lahir, hanya butuh waktu satu jam lebih untuk bisa berdiri di kandangnya. "Dian itu di kandungan selama 9 bulan," katanya.

Lebih lanjut Susanti menjelaskan, lama bunting rusa tersebut berbeda dengan rusa biasanya. "Karena rusa ini hampir sama dengan sapi (Bovidae). Sedangkan rusa biasa buntingnya hanya sekitar 6 bulan," katanya.

Rusa jenis ini di secret zoo, ada lima ekor. Betina dua ekor dan jantan tiga ekor. "Semuanya didatangkan langsung dari Afrika Selatan empat tahun lalu," katanya.

Bunting hewan itu terbilang susah, karena harus beradaptasi dengan suhu. "Pada waktu awal, satu betina tidak bagus, karena kurus, ada parasit di tubuhnya. Perjalanan jauh, akhirnya satu betina tidak survive," katanya.

Sebelum "Dian" lahir, sudah lahir anak Rusa yang diberi nama Joni, yang kini sudah berumur 2 tahun, dengan indukannya bernama "Siti". "Jika Rusa terlalu banyak diberi makan, akan lama melahirkan. Semoga 2013 nanti berhasil lagi," kata Purnama.

Kelahiran "Dian" menambah daftar beberapa hewan di museum Jatim Park 2 yang lahir pada tahun 2012 ini. Yakni, harimau, Onta, sapi Texas, anjing afrika, Singa, weldebis, orik, elend, long hon. Impala, golden lion tamarin, lemur (primata), dan bron lemur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com