Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tutup Tahun, Masih Ada Gajah Diracun

Kompas.com - 27/12/2012, 21:40 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Seekor gajah Sumatera (Elephant maximus sumatranus) jantan yang diperkirakan berusia 15 tahun, ditemukan tewas diduga akibat diracun di kawasan Curek, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

Komandan Ranger CRU Sampoiniet Muchtar yang dihubungi dari Banda Aceh Kamis mengatakan, dugaan sementara bahwa gajah yang sudah tidak bergading itu mati sekitar dua bulan lalu.

"Saat kami temukan hanya tinggal tulang, dugaan sementara gajah tersebut mati akibat diracun," kata Muchtar, Kamis (27/12/2012).

Sebelumnya, dua ekor gajah liar juga ditemukan mati akibat diracun di pinggiran Gunung Krueng Bekah Kabupaten Aceh Jaya.

Seekor ditemukan tewas di atas badan jalan lintas SP Empat dan SP Lima dan satu lainnya di alur Krueng (sungai) Oen, Desa Pante Kuyun, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya

Muchtar mengatakan konflik gajah di kawasan pinggiran gunung Krueng Bekah yang berjarak sekitar 30 kilometer barat Calang, Ibu Kota Aceh Jaya, telah terjadi sejak tujuh tahun terakhir.

"Kawanan gajah memang sering turun ke pemukiman penduduk, merusak ladang dan perkebunan warga," katanya.

Menurutnya satwa berbelalai panjang turun ke pemukiman penduduk akibat habitatnya terganggu penebangan liar, katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com