Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gorilla "Gaul" Lebih Panjang Umur

Kompas.com - 06/12/2012, 16:40 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

EDINBURGH, KOMPAS.com - Gorilla yang lebih "gaul" dan ekstrovert berpeluang untuk hidup lebih panjang daripada yang pemalu dan introvert. Demikian hasil studi yang dipublikasikan di jurnal Proceeding of the Royal Society B, Rabu (5/12/2012).

Peneliti mengobservasi 298 gorila lewat penelitian selama 18 tahun. Mereka memakai pendekatan seperti halnya penelitian karakter manusia. Para peneliti mendokumentasikan umur gorilla dan membandingkannya antara yang introvert dan ekstrovert.

Dari hasil studi itu, diketahui bahwa gorila yang lebih pintar bersosialisasi, aktif, suka bermain dan memiliki banyak ketertarikan mampu hidup lebih lama. Hasil studi ini sama dengan hasil studi sebelumnya pada manusia yang menyimpulkan bahwa manusia ekstrovert punya umur lebih panjang dari yang introvert.

"Penelitian ini menggarisbawahi bahwa pemahaman tentang karakter penting untuk memastikan kelangsungan hidup, kesehatan dan kesejahteraan manusia, gorila dan kera besar lainnya," kata Weiss seperti dikutip Alex Weiss, peneliti dari University of Edinburgh yang terlibat riset, seperti dikutip Discovery, Rabu (5/12/2012).

Studi pada manusia sebelumnya dilakukan dengan survei pada 243 orang yang usianya lebih dari 100 tahun. Ditemukan bahwa orang yang berpikiran positif dan bergaul serta optimis punya umur panjang. Karakter itu diduga terkait gen. Gen itu sendiri juga menentukan kesehatan manusia.

Riset pada gorila kali ini dilakukan dengan wawancara manusia yang mengenal gorila yang diteliti. Sejumlah parameter dilihat, misalnya dominasi, sifat ekstrovert, keramahan dan kegelisahan. Studi menemukan, hanya sifat ekstrovert yang terkait dengan umur panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com