Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

190 Gajah Mati karena Kekeringan di Zimbabwe

Kompas.com - 05/12/2012, 09:51 WIB

HARARE, KOMPAS.com Zimbabwe kehilangan sedikitnya 190 gajah akibat kekurangan air di Taman Nasional Hwange, taman terbesar di negeri itu, selama musim kemarau tahun ini, kata Dinas Manajemen Margasatwa dan Taman.

Tahun lalu, taman nasional tersebut kehilangan 80 gajah dan 25 banteng selama periode yang sama akibat temperatur yang tinggi dan kekurangan air, kata pihak berwenang.

Manager Regional Dinas Manajemen Margasatwa dan Taman yang bertugas di Wilayah Barat, Felix Chimeramombe, mengatakan bahwa jumlah tersebut mencerminkan peningkatan dibandingkan dengan masa yang sama tahun sebelumnya.

Ia mengatakan, organisasinya telah menyaksikan keterlibatan para pemangku kepentingan untuk membantu menyelesaikan masalah kekurangan air itu dan memulai penggalian sumur untuk memperoleh air dalam upaya untuk mengurangi masalah serta meningkatkan kemampuan daya serap pada masa depan.

"Kami bisa memiliki jumlah lebih dari itu, tapi Hwange daerah yang luas dan sulit untuk mencakup seluruh daerah dalam hal penghitungan angka kematian yang telah kami hadapi tahun ini," kata Chimeramombe.

Ia menyatakan sebanyak 25 banteng dan 5 zebra juga terjebak di lumpur dan mati di Kamp Matetsi, ketika hewan tersebut berusaha memperoleh air.

Seekor gajah dapat minum sampai 100 liter air sekali datang ke suatu lokasi air dan dapat menghabiskan 250 liter air per hari selama musim kering.

Taman Nasional Hwange pada masa lalu juga pernah menghadapi arus kedatangan gajah dari Botswana, sebuah perkembangan yang juga telah menambah tekanan atas sumber daya yang terbatas, dan harus memberi makan sebanyak 50.000 gajah serta spesies satwa lain.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com