Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telur Penyu Belimbing Diperdagangkan Terang-terangan

Kompas.com - 03/12/2012, 21:27 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Telur penyu belimbing (Dermochelys coriacea) dan telur penyu sisik (Eretmochelys imbricata) tampak kembali diperjualbelikan secara terbuka di Kota Padang, Sumatera Barat. Transaksi tersebut dilakukan di sebagian kedai yang terletak di pinggir Jalan Muara, Kota Padang. Telur-telur ini nyaris setiap hari ditawarkan.

Pengamatan pada Minggu (2/12/2012), telur penyu belimbing ditawarkan dengan harga Rp 15.000 per butir. Adapun telur penyu sisik ditawarkan Rp 10.000 per butir. Padahal, kedua jenis penyu ini termasuk langka dan dilindungi.

Seorang penjual telur penyu belimbing di kawasan itu, Rina, mengatakan telur-telur penyu itu diperolehnya dari pemasok di Kabupaten Pesisir Selatan. Saat ini pasokan telur penyu cenderung turun sehingga harganya relatif mahal. Pada Januari 2012 harga satu butir telur penyu sisik sekitar Rp 7.000.

Meski mahal, telur penyu ini tetap diburu. Seperti yang terlihat pada Minggu pagi itu, seorang laki-laki dewasa datang bersama dua anak kecil ke kedai yang dikelola Rina. ”Ini untuk anak-anak saya yang doyan,” katanya sembari menunjuk kedua bocah tersebut.

Rina mengaku jumlah telur penyu yang bisa dijualnya dalam sehari tidak bisa dipastikan. Kadang bisa laku hingga 100 butir per hari. Namun, kerap kali tidak ada yang membeli.

Koordinator Pusat Data dan Informasi Penyu Sumbar Universitas Bung Hatta, Padang, Harfiandri Damanhuri menjelaskan, telur penyu belimbing terakhir kali diketahui diperdagangkan sekitar tujuh bulan lalu. Tahun lalu harganya Rp 8.000 per butir. ”Telur penyu belimbing ini diduga merupakan hasil siklus tahunan,” kata Harfiandri.

Telur penyu belimbing berukuran nyaris sebesar bola biliar, sementara telur penyu sisik hampir seukuran bola pingpong. Pada Minggu pagi tampak empat kedai menjual telur penyu. Adapun pada sore hari, jumlah kedai yang menjual penyu 11 buah.

Data WWF Indonesia yang dilansir dalam laman wwf.or.id menyebutkan populasi penyu belimbing berkurang drastis. Dari 13.000 sarang tahun 1984 berkurang jadi hanya 2.983 sarang pada 1999. Jumlah betina dewasa penyu belimbing di kawasan Pasifik sekitar 2.300 ekor.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Balai Konservasi Sumber Daya Alam wilayah Sumbar Surajiya mengaku pihaknya akan mendata aktivitas jual beli telur penyu di Kota Padang. Namun, dia belum bisa memastikan kapan hal itu akan dilakukan.

Kadis Kelautan dan Perikanan Kota Padang Zalbadri mengaku tengah membangun pusat penangkaran penyu yang akan dioperasikan tahun 2012. ”Pada 2012 kami juga akan mengadakan pelatihan mata pencarian alternatif bagi penjual telur penyu yang dilanjutkan dengan penegakan hukum,” katanya. (INK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com