Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengagumi Bordir Tasikmalaya

Kompas.com - 02/12/2012, 09:38 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Saya sempat terbelalak mendengar harga sebuah taplak meja bordir yang saya pegang. Harganya Rp 400.000! Namun, sebanding dengan kecantikan taplak meja ukuran besar itu. Tak sekadar cantik, pembuatannya pun rumit dan memakan waktu yang lama.

Ya, bordir Tasikmalaya yang terkenal itu sebagian besar masih dikerjakan secara manual atau pakai tangan. Ada yang bertugas menyulam sampai orang yang bertugas melubangi. Bahkan untuk selembar kain taplak ukuran kecil saja perlu waktu seminggu untuk mengerjakannya.

Sentra perajin bordir di Kota Tasikmalaya berada di kawasan Kecamatan Kewalu. Salah satunya adalah Toko Haryati di Jalan Air Tanjung Nomor 81. Pemiliknya, Ai Haryati tergolong pemain lama untuk bordir di Tasikmalaya.

Di tokonya, aneka kain bordir bisa dijumpai. Sebut saja mulai dari mukena dan busana muslim dengan bordiran. Lalu kemeja dan baju koko untuk pria penuh dengan bordir. Serta bahan kebaya dan selendang.

Sementara aneka perlengkapan rumah tangga seperti sprei dan sarung bantal bisa juga ditemukan di toko ini. Aneka taplak meja nan cantik siap-siap menggoda untuk dibeli. Ada paket seharga Rp 400.000 sudah termasuk taplak meja, alas kursi, dan bantal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com