Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Bandar Antariksa, Lapan Kerjasama dengan Korea Selatan

Kompas.com - 27/11/2012, 17:06 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

SERPONG, KOMPAS.com - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) berencana membangun bandar antariksa di Morotai, Maluku Utara. Pembangunan tersebut ditargetkan selesai pada tahun 2025.

Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana, mengatakan, dalam membangun bandar antariksa itu, Lapan akan bekerjasama dengan beberapa negara, diantaranya Korea Selatan.

"Kita akan tawarkan kerjasama ke Korea Selatan. Kita juga akan tawarkan ke negara-negara yang belum punya bandar antariksa sendiri," uangkap Bambang dalam seminar "Menyongsong 50 Tahun Kedirgantaraan Nasional" di Puspiptek, Serpong, Selasa (27/11/2012).

Mengungkapkan kerjasama yang akan dilakukan, bandar antariksa akan dibangun dengan dukungan dana dari masing-masing pihak. Hak dan kewajiban masing-masing pihak akan diatur lewat perjanjian.

Pihak Korea Selatan yang akan diajak kerjasama misalnya, nantinya bisa menyimpan barang terkait misi antariksa di bandar antariksa Indonesia. "Kalau bandar antariksanya nanti akan dikelola Indonesia," kata Bambang.

Saat ini, negara yang telah memiliki bandar antariksa antara lain Australia (2 buah), Amerika Serikat (2 buah), Jepang (1 buah), India (1 buah) dan beberapa di China.

Bambang mengatakan, adanya bandar antariksa di Indonesia akan membawa beberapa keuntungan. "Kita bisa luncurkan satelit sendiri. Fasilitasnya kita pakai sendiri. Orang yang kerja adalah orang Indonesia. Ini akan membuka kesempatan bagi orang Indonesia untuk lebih pintar," jelas Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com