Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temuan Fosil Terbaru Pecahkan Rekor Penguin Terbesar

Kompas.com - 22/11/2012, 15:37 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Palaentolog asal Argentina menemukan fosil penguin raksasa yang memiliki tinggi 2 meter. Fosil itu ditemukan di Antartika, diperkirakan hidup 34 juta tahun lalu.

"Ini adalah penguin terbesar yang diketahui berdasarkan tinggi dan ukuran massa tubuhnya," kata Caroplina Acosta, palaentolog dari Natural Sciences Museum of La Plata, seperti dikutip AFP, Rabu (21/11/2012).

Acosta mengatakan, ukuran penguin ini mengalahkan ukuran penguin emperor, penguin yang sebelumnya dianggap terbesar, punya tinggi 1,2 meter.

Marcelo Reguero, pimpinan studi ini, mengatakan bahwa penemuan fosil ini akan membantu ilmuwa meneliti lebih jauh dan kompleks tentang asal usul penguin modern.

Dalam waktu dekat, p[eneliti akan mengadakan ekspedisi ke Antartika untuk mencari fosil tambahan. Fosil itu berguna untuk mempelajari anatomi serta cara penguin tersebut bergerak.

Penemuan sebelumnya menunjukkan, penguin tidak memiliki warbna hitam putih tetapi berwarna merah kecoklatan dan abu-abu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com