Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Perintahkan Rusun Marunda Diperbaiki

Kompas.com - 18/10/2012, 14:54 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah meninjau keadaan Kampung Bambu Kuning, di Marunda, Jakarta Utara, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau keadaan Rusun Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Marunda. Jokowi mengaku prihatin melihat keadaan rusunawa yang sudah tidak terawat.

"Saya selalu datang ke tempat yang ada masalahnya, yang tadi juga ada masalah, yang di Bambu Kuning, di sini juga ada 26 blok yang 19 blok-nya belum terisi, padahal sudah dari tahun 2007," kata Jokowi di Rusunawa Marunda, Jakarta Utara, Kamis (18/10/2012).

Setelah Jokowi meninjau rusunawa itu, ia menemukan banyak sekali permasalahan-permasalahan simpel yang selalu terjadi di rusunawa itu.

"Jendela-jendelanya sudah banyak yang copot, pintunya copot karena enggak dipakai, wah banyak sekali," kata Jokowi.

Jokowi yang datang meninjau didampingi oleh Kepala Dinas Perumahan DKI Novizal dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Ery Basworo mengimbau kepada dinas terkait untuk segera memperbaiki rusunawa itu. Tampak beberapa kali Jokowi berbincang dengan Novizal dalam tinjauan itu.

"Saya sudah perintahkan ini segera semuanya diperbaiki, kemudian masyarakat yang berpenghasilan rendah dapat segera masuk sini," kata Jokowi.

Masyarakat yang dapat menempati Rusunawa pun, dikatakan oleh Jokowi, sebaiknya diberikan subsidi penuh.

"Segera masyarakat nempatin di sini. Kalau perlu diberikan subsidi penuh sehingga semuanya berbondong-bondong ke sini, entah digratisin dulu tiga tahun atau lima tahun enggak apa-apa, yang penting penuh dulu. Daripada itu coba uang negara, uang rakyat, tapi pintunya enggak ada, catnya mengelupas semua, udah lima tahun enggak dipakai," kata Jokowi.

Sementara itu, saat ditanyakan terkait anggaran yang akan dipergunakan untuk pembiayaan perbaikan Rusunawa Marunda, Jokowi mengatakan, perbaikan itu membutuhkan dana yang tidak besar.

"Kalau hanya untuk mengecat ya murah, hanya perbaikan yang bocor-bocor itu murah. Memang yang diperlukan adalah hanya controlling," ujar Jokowi.

Sebelum meninjau keadaan Rusunawa Marunda, Jokowi sempat pula mengunjungi Pesantren Nur At Tauhid, yang berada tidak jauh dari Rusunawa itu. Di sana, ia juga mengaku prihatin melihat kondisi Kampung Bambu Kuning yang dalam keadaan kumuh dengan sampah yang masih berserakan.

"Makanya, saya ajak ke sini untuk melihat kok ya masih ada tempat-tempat seperti ini di Jakarta," kata Jokowi.

Berita terkait dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com