Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba-laba Penuai dengan Kaki bak Model

Kompas.com - 17/10/2012, 06:56 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

FRANKFURT, KOMPAS.com — Jenis laba-laba penuai berkaki jenjang ditemukan di sebuah gua wilayah Laos. Kaki laba-laba itu langsing dan panjang hingga 33 cm.

Laba-laba penuai, sebagaimana laba-laba, masuk dalam golongan Arachnida. Golongan hewan itu sering pula disebut "Daddy Longlegs".

Dengan ukurannya, spesies ini menjadi salah satu laba-laba penuai terbesar. Rekor laba-laba penuai terbesar dipegang spesies laba-laba penuai Amerika Selatan dengan panjang kaki 34 cm.

Laba-laba penuai dari Laos, seperti diberitakan Livescience, Selasa (16/10/2012), belum pernah dideskripsikan sebelumnya.  

Makhluk itu ditemukan oleh Peter Jager, pakar Arachnida dari Senckenberg Research Institute di Frankfurt. Ia menemukannya di sela-sela proses pembuatan program televisi yang melibatkannya.

Spesies baru laba-laba penuai ini belum punya nama. Jager berharap ada peneliti lain yang membantunya mendeskripsikan dan mengklasifikasikannya.

Laba-laba penuai disebut juga opiliones. Tak seperti laba-laba, laba-laba penuai tak punya taring dan racun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com