Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Bayi Harimau Lahir di Taman Rimbo

Kompas.com - 24/09/2012, 17:01 WIB

JAMBI, KOMPAS.com - Uni, harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang menghuni Kebun Binatang Taman Rimbo Kota Jambi, melahirkan tiga anak yang belum diketahui jenis kelaminnya.

Kepala KB Taman Rimbo Adrianis yang dihubungi, Senin (24/9/2012), menjelaskan proses kelahiran tiga anak harimau itu dimulai sejak Minggu (23/9/2012) sekitar pukul 09.00 WIB hingga malam.

"Anak pertama lahir Minggu sekitar pukul 09.00 WIB, kemudian dilanjutkan anak kedua dan ketiga, namun tidak diketahui persis jam berapa dilahirkan," katanya.

Ketika dicek petugas hari Senin pukul 06.00 WIB, Uni sudah melahirkan tiga anak, saat ini kondisinya masih lemah dan petugas belum bisa memeriksa jenis kelaminnya.

"Ketiga anak harimau itu masih merah dan masih berada di dekat induknya sehingga belum bisa diperiksa," katanya.

Petugas KB Taman Rimbo belum bisa mengambil tindakan karena induknya baru saja melahirkan, dikhawatirkan bisa menganggu kesehatannya.

Uni adalah harimau betina berumur sembilan tahun yang didatangkan bersama Peter, harimau jantan berusia tujuh tahun, yang didatangkan dari KB Ragunan Jakarta, tiga tahun lalu.

Uni sendiri sebelumnya sudah melahirkan dua anak yang diberi nama Mayang dan Ayu. Dua anak harimau Sumatera ini sekarang sudah besar.

Dengan kelahiran tiga anak harimau ini, akan semakin menambah koleksi harimau di KB Taman Rimbo Kota Jambi.

Adrianis mengatakan, saat ini Uni dipisahkan dengan harimau jantan pasangannya, Peter dengan tujuan untuk menghindari Peter memangsa anaknya.

Ia mengatakan, secara normal, seekor harimau akan melahirkan tiga anak, karena itu ketika kelahiran anak pertama, pihaknya masih membiarkan karena akan menunggu anak kedua dan ketiga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com