Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Ilmuwan Dikukuhkan sebagai Profesor Riset

Kompas.com - 18/09/2012, 22:40 WIB
Anmaria Redi Pinta Dasyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga ilmuwan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dikukuhkan sebagai profesor riset. Ketiga ilmuwan tersebut adalah Dr. Muhamad Hisyam M.A. dari bidang komunikasi antar budaya, Dr. R. Siti Zuhro, M.A. dari bidang ilmu politik, dan Dr. Ir. Dwi Listyo Rahayu dari bidang oseanografi/oseanologi.

Masing-masing ilmuwan menyampaikan orasinya pada Selasa (18/9/2012) di auditorium LIPI, Jakarta. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat pemerintahan, diantaranya Anas Urbaningrum, Akbar Tanjung dan Wakil Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara, serta ilmuwan LIPI.

Hisyam memaparkan orasi berjudul "Dinamika Pelaksannan Syariah Islam di Indonesia: Sebuah Tinjauan Sejarah." Hisyam menguraikan bagaimana pelaksanaan syariah islam yang melibatkan negara dalam rentang waktu sejak berdirinya kerajaan-kerajaan islam di Nusantara hingga saat ini.

Dari bidang ilmu politik, Dr. R. Siti Zuhro memaparkan orasi berjudul "Birokrasi dan Politik di Indonesia: Relasi Birokrasi, Politik, dan Masyarakat." Beliau mengaitkan ketiga hal tersebut dengan otonomi daerah di Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan.

"Sulit diingkari bahwa kualitas birokrasi yang buruk menjadi salah satu sumber keterbelakangan Indonesia" kata Zuhro dalam orasinya.

Ia juga mengatakan bahwa relasi politik dan birokrasi dalam praktiknya ditandai dengan ciri-ciri seperti adanya praktik lobi untuk mencari posisi atau jabatan dan intervensi politik dalam penentuan jabatan politik anggaran.

Sementara itu, Dwi Listyo Rahayu memaparkan orasi yang berjudul "Kelomang (Crustacea, Decapoda, Anomura) di Perairan Indonesia."

Selama karirnya sebagai peneliti, ia memberikan sumbangan pengetahuan keanekaragaman jenis biota di Indonesia, dengan mempelajari taksonomi kelomang yang merupakan sebagian kecil dari megabiodiversitas laut Indonesia.

Dalam pidatonya, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Lukman Hakim mengaharapkan para profesor riset yang baru dilantik ini dapat menjadi ahli dan bisa menularkan ilmu yang mereka miliki kepada para peneliti muda, generasi penerus di masa yang akan datang. Adapun Profesor Riset adalah jabatan tertinggi dalam struktur peneliti LIPI, dan membawahi jabatan-jabatan lain seperti peneliti madya dan peneliti muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com