Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spacewalk, Astronot "Meraih" Matahari

Kompas.com - 10/09/2012, 21:31 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Astronot Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dalam foto terbaru yang diambil saat melakukan spacewalk pada Rabu (5/9/2012) tampak seperti Icarus dalam mitologi Yunani. Mereka "meraih" Matahari.

Icarus dalam mitologi Yunani memiliki sayap yang terdiri atas bulu-bulu berbahan lilin. Icarus diperingatkan untuk tidak mendekati Matahari. Namun, ia melakukannya. Akhirnya ia pun terjatuh ke Bumi karena sayapnya meleleh.

Berbeda dengan nasib Icarus, Sunita Williams, astronot NASA itu, tampak berjaya. Saat "melayang" dalam spacewalk di International Space Station, tangan kanan Williams benar-benar terlihat menyentuh Matahari.

Foto Williams ini diambil oleh rekannya, Akihiko Hoshide dari Japan Aerospace Exploration Agency. Jika melihat secara detail, maka bayangan Hoshide tampak di helm yang dikenakan Williams.

Williams dan Hoshide melakukan spacewalk selama 28 menit untuk mengambil baut yang terjebak dengan peralatan seadanya, termasuk sikat gigi. Baut terjebak dalam spacewalk sebelumnya pada 30 Agustus 2012.

Dengan suksesnya spacewalk kali ini, maka perbaikan unit yang mengalirkan listrik ke ISS bisa dilakukan. Spacewalk juga berhasil memperbaiki kamera yang rusak pada lengan robotik ISS.

Spacewalk ini adalah yang keenam bagi Williams, sementara bagi Hoshide merupakan yang kedua. ISS kini menjadi rumah bagi 6 astronot dari Rusia, Amerika Serikat, dan Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com