Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Soekarja Somadikara Terima Penghargaan LIPI

Kompas.com - 28/08/2012, 17:37 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) Universitas Indonesia Prof Dr. Soekarja Somadikara menerima penghargaan Sarwono Prawirohardjo XI. Penghargaan ini merupakan rangkaian kegiatan rutin Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Jakarta, Selasa (28/8/2012).

Soekarja Somadikara adalah seorang akademisi dan sekaligus ilmuwan dengan keahlian di bidang Ornitologi atau Taksonomi Burung. Kepakaran, karya-karya dan kepeloporannya dalam bidang tersebut telah diakui oleh dunia, sehingga penganugerahan tersebut menetapkan mantan Kepala Museum Zoologicum Bogoriense Lembaga Biologi Nasional di Bogor tersebut sebagai peraih Sarwono Award 2012.

Pada kesempatan penyerahan penghargaan, Prof Dr. Soekarja Somadikara menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul "Pendidikan dan Perkembangan Ilmu di Indonesia".

Ia menyampaikan bahwa kekayaan burung Indonesia telah sampai pada ranah internasional sejak dulu kala. Namun, Soekarja mempersoalkan tentang hak kekayaan alam tersebut yang sempat diakui dan diganti namanya oleh beberapa negara.

"Tetapi dengan ilmu pengetahuan dan penelitian, jenis-jenis burung di Indonesia berhasil dilacak sehingga mengungkap kebohongan beberapa negara yang mengakuinya," ujar Soekarja.

"Koleksi itu berharga karena banyak menyimpan sumber informasi untuk keperluan penelitian berbagai ilmu," katanya.

Dalam penjelasan ilmiah tentang keburungan, Soekarja juga mencatat bahwa bidang keilmuan ini dapat dimanfaatkan dalam bidang ilmu taksonomi, biogeografi, perkembangbiakan, penyebaran penyakit, genetika, konservasi, perubahan habitat, iklim sampai ke penelitian filogenetik dengan analisis DNA yang diharapkan mampu meningkatkan kekayaan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Penghargaan LIPI tersebut akan terus diberikan setiap tahunnya bagi para ilmuwan Indonesia sebagai bentuk perhatian terhadap prestasi ilmiah serta dedikasi yang dicapai oleh mereka, baik dalam kancah nasional mau pun internasional.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com