Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam ini ITB Kirimkan Mobil Balap ke Jepang

Kompas.com - 27/08/2012, 20:59 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Senin (27/8/2012) malam ini, satu unit mobil balap buatan mahasiswa teknik mesin Institut Teknologi Bandung, dikirimkan ke Jepang. Mushika Formula ITB, nama mobil itu, akan diikutsertakan dalamFormula Society of Automotive Engineers International ke-10 pada bulan September mendatang.

Hal itu diungkapkan Ketua Tim Mushika Formula ITB, Tri Aghna Satriya, dalam peluncuran di kampus ITB, Senin siang. Tim ITB yang terdiri dari 14 orang akan menyusul ke Jepang dan mengikuti pertandingan dari 3-7 September.

"Untuk mengirimkan mobil ke Jepang, dibutuhkan biaya setidaknya Rp 122 juta yang sepenuhnya ditanggung pihak kampus," kata Tri Aghna.

Mushika Formula ITB menggunakan mesin 600cc yang dicomot dari sepeda motor sport Honda CBR 600RR karena persyaratan maksimal dari kompetisi itu adalah menggunakan mesin berkekuatan 600cc. Sisanya mulai dari pembuatan rangka hingga desain dilakukan secara mandiri di dalam kampus.

Tri Aghna menuturkan bahwa inilah partisipasi mereka untuk pertama kalinya dalam kompetisi yang sudah berlangsung ke sepuluh kalinya. Bukanlah juara pertama yang diincar melainkan gelar pendatang baru terbaik. Dia mencoba realistis mengingat saingan mereka berasal dari negara seperti Jepang, Amerika Serikat, maupun negara Asia lainnya seperti India, Malaysia, maupun Thailand.

Pembuatan Mushika Formula ITB berlangsung selama sembilan bulan. Tri Aghna mengungkapkan bahwa dibutuhkan biaya sampai Rp 230 juta untuk membangun satu unit mobil balap dari awal hingga produk jadi seperti yang akan mereka pergunakan nantinya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com