Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Curiosity "Meregangkan Otot"

Kompas.com - 21/08/2012, 15:19 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Robot Curiosity yang diutus Badan penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat NASA untuk menyelidiki Mars "diregangkan ototnya" pada hari kedua Lebaran, Senin (20/8/2012), .

"Peregangan otot" ini adalah yang pertama dialami Curiosity sejak peluncurannya pada November 2011 lalu. Insinyur di Jet Propulsion Laboratory NASA adalah yang bertanggungjawab pada proses ini.

Tentu saja, peregangan otot di sini tak berarti harafiah sebab Curiosity tak punya otot. Disebut peregangan karena  lengan Curiosity dibuka, direntangkan lalu ditekuk kembali, mirip peregangan otot manusia sebelum olahraga.

Langkah peregangan itu dilakukan NASA untuk melakukan tes dan mengkalibrasi lengan sepanjang 2,13 meter berikut peralatan pengebor, sekop, spektrometer dan kamera.

Seperti diberitakan AP, Selasa (21/8/2012), peregangan itu ialah "tes kesehatan" biasa yang dijalani Curiosity sejak mendarat di Mars pada 5 Agustus 2012 lalu.

Peralatan yang dicek kali ini berguna untuk mengambil koleksi tanah Mars. Pengambilan dilakukan untuk mengetahui apakah Mars meruupakan habitat potensial bagi mikroba.

Curiosity sendiri mengemban misi yang cukup banyak. Salah satunya juga menyelidiki kemungkinan astronot untuk mendarat di Mars.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com