Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelajahi Mars Seolah-olah di Robot Curiosity

Kompas.com - 15/08/2012, 19:37 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Robot Curiosity milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat NASA telah sukses mendarat di Mars tanggal 5 Agustus 2012 lalu. Robot tersebut juga telah mengirimkan sejumlah foto permukaan planet merah.

Beberapa foto yang dikirim antara lain foto bayangannya sendiri di Mars dan foto pemandangan permukaan Mars. Foto yang dikirim, tak bisa dipungkiri, memang indah. Namun, keindahannya masih sulit dinikmati kebanyakan orang.

Pengembang web dan panografer Andrew Bodrov mengubah foto panorama Mars hasil jepretan Curiosity menjadi panorama interaktif. Penikmat web bisa merasakan seolah-olah berada di Curiosity dan menjadi sopir yang menggerakkan robot itu sesuka hati.

Panorama interaktif tersebut bisa dibuka di situs web blog.360cities.net. Atau, untuk mempermudah, Kompas.com juga menyisipkan panorama di bawah artikel berikut.

Dengan penggerakkan wahana di panorama 360 derajat interaktif tersebut, pengguna bisa melihat bahwa panorama Mars hampir seperti gurun pasir. Pengguna bisa melihat detail bayangan Curiosity ataupun bergerak laksana sedang berbalap.

Panorama Mars ini hanyalah salah satu panorama yang dikembangkan Andrew Bordov. Sebelumnya, Bordrov juga telah mengembangkan panorama Sphinx di Mesir dan Red Square di Moskow.

Curiosity mengemban misi strategis di Mars. Robot beroda enam ini diminta menggali lingkungan Mars, menyelediki molekul kehidupan Mars yang bisa menjadi petunjuk adanya kehidupan di planet merah itu di masa lalu.

Selain itu, Curiosity juga berperan menyelidiki kemungkinan pendaratan manusia di Mars di masa yang akan datang. Akhir minggu lalu, perangkat lunak wahana ini baru saja dipdate.


Curiosity rover: Martian solar day 2 in New Mexico

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com