Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beta-Lemon, Minuman Kesehatan Segar Penurun Kolesterol

Kompas.com - 13/08/2012, 20:50 WIB

KOMPAS.com - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengembangkan minuman kesehatan β-Lemon dari ekstrak beta glukan yang terkandung pada jamur.

Beta glukan merupakan polisakarida penyusun dinding sel jamur. Zat ini berfungsi sebagai imunomodulator, senyawa yang bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh, serta berpotensi mengatasi penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskuler, terutama kolesterol.

β-Lemon dirancang menjadi produk serupa minuman nutrisi vitamin C. Sebagai minuman kesehatan, β-Lemon tidak hanya segar, tetapi memiliki nutrisi lengkap dan berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah penyakit degeneratif.

Jenis jamur yang dimanfaatkan untuk minuman itu aialah jamur tiram (Pleurotus sp). Jenis jamur ini telah banyak dibudidayakan pun dikonsumsi.

Produksi minuman ini tak cuma bermanfaat bagi kesehatan. Secara ekonomi, produksi minuman ini dapat meningkatkan nilai tambah penjualan jamur, membuka peluang baru industri makanan dan minuman olahan.

Selain itu, produksi ini akan membuka peluang baru industri nutraceutikal (produk nurtrisi yang sekaligus bermanfaat bagi kesehatan) berbasis beta glukan dan memberikan alternatif pilihan dari berbagai minuman kesehatan yang sudah dikomersialkan di pasaran.

Secara garis besar beta glukan juga berfungsi sebagai antikolesterol, antihipertensi dan antivirus. Beta glukan bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan karenanya membantu mencegah kanker.

Saat ini, Badan Pangan dan Obat-obatan Amerika (FDA) memasukkan beta glukan dalam kategori Recognized As Safe (GRAS) atau direkomendasikan aman, tidak mengandung racun dan efek samping.

Ke depan, diharapkan dapat dikembangkan sistem teknologi ekstraksi untuk membuat produk minuman kesehatan berbasis beta glukan dari jamur Basidiomycota.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com