Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gestur Simpanse Mirip Manusia

Kompas.com - 16/07/2012, 10:30 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

STIRLING, KOMPAS.com — Gestur simpanse memiliki kemiripan dengan manusia. Baru-baru ini, ilmuwan berhasil mengidentifikasi 20-30 gestur simpanse yang mirip manusia tersebut.

Gestur simpanse yang mirip manusia antara lain menggunakan bahasa isyarat untuk membuat individu lain mendekat atau memukul-mukul untuk membuat individu lain pergi.

Anna Roberts dari Stirling University di Skotlandia mengidentifikasi kemiripan tersebut lewat pengamatan perilaku simpanse di Uganda selama delapan bulan.

"simpanse menggunakan gestur dengan sengaja untuik mendapatkan respons dari simpanse lain dan mungkin ini missing link antara komunikasi manusia dan simpanse," kata Roberts.

"Kita mengetahui sekarang bahwa gestur ini ada dalam rangkaiann gestur nenek moyang kita dan mungkin menjadi awal dari evolusi bahasa manusia," tutur Roberts.

Seperti diberitakan BBC, Jumat (13/7/2012), studi mengungkap bahwa simpanse menggunakan gestur untuk menunjang aktivitas memelihara anak, makan, berhubungan seksual, penyerangan, dan pertahanan.

Roberts mengungkapkan, simpanse tidak hanya mampu berkomunikasi menggunakan gestur, tetapi juga mampu memaknai gestur tersebut sesuai konteks.

"Cara orang bisa berkomunikasi satu sama lain adalah memahami maksud orang lain dengan 'membaca pikiran' dan tujuannya, dan kami menemukan bahwa simpanse mungkin punya kemampuan ini," ungkap Roberts.

Roberts menuturkan, hasil studi menunjukkan bahwa elemen penting dalam evolusi bahasa dapat dijumpai pada kerabat terdekat manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com