Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Ungkap Pembentukan Wajah Manusia

Kompas.com - 09/07/2012, 00:51 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Wajah manusia terbentuk lewat proses yang sangat kompleks dan misterius. Video Inside the Human Body dari BBC mengungkap proses tersebut secara singkat.

Dalam video tersebut, terlihat bahwa pembentukan wajah manusia terjadi seperti proses memecahkan puzzle. Tiga bagian dari puzzle itu bertemu di bagian tengah atas mulut, membentuk alur yang merupakan philtrum.

Proses pembentukan melibatkan proses penggabungan dan perpindahan piringan jaringan. Piringan jaringan yang membentuk philtrum bisa panjang, pendek, dalam ataupun dangkal, sesuai kode genetik yang dimiliki seseorang.

Dalam video, proses terlihat sederhana namun sebenarnya kompleks. Jika penggabungan piringan jaringan itu gagal, akibatnya adalah ketidaksempurnaan seperti bibir sumbing.

Video yang bisa dilihat di bawah menunjukkan betapa mengagumkan proses pembentukan wajah terjadi. Proses itu terjadi dalam 2-3 bulan masa kehamilan. Jika hal itu tak terjadi, mungkin prosesnya memang tidak akan pernah terjadi pada bayi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com