Senin, 22 Desember 2014

News / Sains

Ini Ciri-ciri Meteorit yang Jatuh ke Bumi

Kamis, 21 Juni 2012 | 15:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Benda misterius yang jatuh di Balaraja, Tangerang Kamis (21/6/2012) memicu spekulasi. Beberapa kalangan mengatakan, benda misterius yang mengakibatkan amblesnya tanah serta kerusakan sepeda motor itu adalah meteorit.

Analisis memang masih harus dilakukan untuk memastikan bahwa benda yang jatuh adalah meteorit. Namun, bagaimana sebenarnya ciri-ciri sebuah meteorit yang jatuh ke Bumi?

Thomas Djamaluddin dari Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) saat dihubungi Kompas.com hari ini mengungkapkan bahwa ciri menonjol dari meteorit yang jatuh ke Bumi adalah adanya bekas pembakaran.

"Meteorit jatuh ke Bumi melewati atmosfer mengalami pemanasan dan pendinginan. Maka ciri paling menonjol adalah adanya bekas bagian yang terbakar," kata Thomas.

Jika meteorit yang jatuh berupa batuan, maka bekas pembakaran relatif mudah diamati.

"Pada bagian batuan seperti ada bagian yang hangus habis terbakar, ada bagian yang seperti bekas pelelehan dan terkelupas, dari bentuk dan rupanya juga berbeda dengan batuan yang ada di Bumi, biasanya lebih halus," ungkap Thomas.

Sementara, jika meteorit berupa logam, pengamatan harus lebih detail.

"Logamnya biasanya logam kasar, belum seperti logam olahan yang ada di Bumi. Jadi berbeda dengan logam di Bumi. Kalau dilihat warnanya, logamnya cenderung berwarna hitam," papar Thomas.

Sejauh ini, belum diketahui apakah benda misterius di Balaraja adalah logam atau batuan. Yang kini sudah diketahui, benda berbentuk seperti huruf Y, berwarna hitam serta memiliki bobot lebih dari 100 kg.


Penulis: Yunanto Wiji Utomo
Editor : A. Wisnubrata