Lobster Pemalu Ditemukan di Spanyol

Kompas.com - 18/06/2012, 15:01 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com — Spesies baru Crustacea ditemukan di gunung bawah laut wilayah laut utara Spanyol. Crustacea ini ditemukan di laut dengan kedalaman 1.410 meter pada bulan Agustus 2011 oleh tim peneliti INDEMNARES.

Spesies Crustacea yang ditemukan adalah lobster berwarna oranye yang berukuran sekitar 2 cm. Jenis lobster ini banyak ditemukan di wilayah gunung bawah laut, daerah koral yang belum banyak tereksploitasi oleh perikanan.

Lobster yang punya nama ilmiah Uroptychus cartesi ini dijuluki lobster pemalu. Dinamai demikian sebab hidup di wilayah koral yang dalam yang belum banyak dijangkau oleh aktivitas perikanan, cenderung melimpah di wilayah gunung laut.

Secara taksonomis, spesies ini lebih dekat kekeluargaannya dengan kelomang (hermit crab) daripada dengan lobster sebenarnya. Lobster ini cenderung pendiam dan tak bermigrasi jauh. Larva lobster ini hanya mengalami periode plantonik (berenang bebas) selama beberapa hari.

Enrique Macpherson, peneliti dari Centre for Advanced Studies of Blanes di Spanyol, mengatakan, lobster pemalu yang ditemukan memiliki kekerabatan terdekat dengan lobster yang ditemukan di Laut Karibia.

"Kedua spesies memiliki nenek moyang yang sama, yang menginvasi wilayah Atlantik dari Pasifik dan Hindia beberapa juta tahun yang lalu," ungkap Macpherson seperti dikutip Livescience, Jumat (15/6/2012).

Uroptychus cartesi memiliki kekhasan karena bentuk dan jumlah tonjolan serupa duri di cangkangnya. Jenis ini dinamai berdasarkan nama Joan Cartes, ilmuwan Institute of Marine Science di Barcelona yang pertama kali menemukan.

Saat ini, enam spesimen yang dikumpulkan untuk identifikasi disimpan di National Museum of Natural History di Paris. Penemuan ini dipublikasikan di jurnal Zootaxa baru-baru ini.