Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pestisida Penyebab Kematian Gajah Tesso Nilo

Kompas.com - 14/06/2012, 20:14 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kematian seekor gajah sumatera jantan di Taman Nasional Tesso Nilo, Riau, pada 31 Mei, disebabkan racun pestisida, zinc phosphide.

"Penyebab kematian gajah di Tesso Nilo adalah karena keracunan," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Bambang Dahono Adji, kepada ANTARA di Pekanbaru, Kamis (14/6/2012).

Hasil otopsi yang dilakukan Laboratorium Balitvet, Bogor, menunjukkan kadar zinc phosphide yang tinggi di lambung gajah itu.

Ia mengatakan, ada dua kemungkinan motif utama pembunuhan gajah itu, yakni konflik dengan manusia atau akibat perburuan gading.

"Kasus ini masih diselidiki oleh pihak kami dan berkoordinasi dengan kepolisian dan WWF," kata Bambang.

Menurut dia, selama Januari hingga awal Juni ada tujuh gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang ditemukan mati di area Tesso Nilo yang merupakan habitat satwa dilindungi tersebut.

"Gajah yang mati tersebut enam adalah jantan dan satu ekor lagi adalah betina. Semuanya kemungkinan besar mati karena racun," terang Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com