Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transit Venus, Momentum Kenalkan Astronomi ke Anak-anak

Kompas.com - 25/05/2012, 16:47 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang hadirnya fenomena langka Transit Venus, yakni saat planet Venus melintas di muka Matahari pada 6 Juni 2012 mendatang, Universe Awareness (Unawe) mengadakan rangkaian kegiatan sosialisasi astronomi kepada anak-anak dan guru.

Rangkaian kegiatan akan dipusatkan di Atambua, Nusa Tenggara Timur, sebuah kota yang berbatasan dengan Timor Leste. Kegiatan akan dilakukan selama tiga hari mulai 4-6 Mei 2012, mencakup kegiatan pelatihan lewat aktivitas serta pengamatan.

"Kita akan adakan pelatihan lewat hands on activities kepada guru-guru, sekaligus mengetahui bagaimana astronomi diajarkan di sekolah," ungkap Yatny Yulianty dari Unawe saat dihubungi Kompas.com, Kamis (24/5/2012).

"Selain itu, kita juga akan adakan kegiatan astro kids, bagaimana mengenalkan astronomi kepada anak-anak lewat permainan, misalnya lewat ular tangga yang petak-petaknya bernuansa astronomi," tambah Yatny.

Puncak kegiatan sosialisasi adalah pengamatan fenomena Transit Venus bersama dengan publik. Hasil pengamatan dari Atambua akan bisa dinikmati publik di Timor Leste lewat live streaming. Demikian pula sebaliknya. Dengan cara ini, pengamatan Transit Venus membawa misi perdamaian.

Lewat ajang sosialisasi yang bertepatan dengan adanya Transit Venus, Yatny berharap astronomi bisa dikenal lebih banyak kalangan, tanpa batasan. Sasaran utamanya adalah anak-anak di wilayah yang fasilitas belajarnya kurang mendukung.

Yatny mengatakan, "Astronomi adalah cara bagi anak-anak untuk mengenal ilmu pengetahuan seperti Fisika dan Matematika dengan cara yang lebih ringan, menyenangkan, dan indah. Astronomi juga bisa menjadi cara mengajak anak berpikir rasional."

Fenomena Transit Venus pada Juni nanti adalah terakhir di abad ini. Fenomena itu baru akan terjadi tahun 2117. Unawe adalah lembaga yang mendedikasikan diri bagi pemasyarakatan astronomi, terutama bagi anak-anak.

Merayakan Transit Venus, Kompas.com juga menggelar acara Kompas.com SCIENCE INSIGHTS dengan tema "Once in a Lifetime of Transit Venus". Acara akan diselenggarakan pada Senin, 28 Mei 2012 di @america, Pacific Place, Jakarta, pukul 10.30-14.30 WIB.

Pembicara yang ikut serta dalam acara tersebut antara lain Sten Odenwald dari NASA, Premana W Premadi dan Taufik Hidayat dari Departemen Astronomi ITB, Muhammad Rayhan dari Himpunan Astronom Amatir Jakarta (HAAJ), dan Avivah yamani dari Langitselatan.

Untuk mengikuti acara, siapa pun bisa mendaftarakan diri di http://ads2.kompas.com/layer/trovak/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com