Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LIPI Bangun Inkubator Teknologi

Kompas.com - 11/05/2012, 18:52 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

CIBINONG, KOMPAS.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membangun Inkubator Teknologi di Cibinong Science Center, Cibinong, Jawa Barat.Peletakan batu pertama Gedung Inkubator Teknologi tersebut dilakukan, Jumat (11/5/2012). Gedung berada di tanah seluas 5,7 hektar dengan luas bangunan 1 hektar.

Deputi Jasa Ilmiah LIPI, Fatimah Z Padmadinata, mengatakan, "Inkubator teknologi ini diharapkan bisa menjadi penyambung antara kegiatan penelitian dan komersialisasi."

Pembangunan Inkubator Teknologi juga akan memperkaya wilayah Cibinong. Jika sebelumnya hanya menjadi pusat penelitian ilmu hayati, kawasan Cibinong kini bisa berkembang menjadi kawasan bisnis berbasis hayati.

Kepala Pusat Inovasi LIPI, Bambang Subiyanto, mengatakan, "Inkubator akan menjadi tempat pertemuan akademisi, pebisnis dan pemerintahan, dalam hal ini LIPI dan Pemda."

Nantinya, inkubator teknologi akan difokuskan pada pengembangan hasil penelitian bidang pangan, pertanian dan peternakan. LIPI akan melakukan validasi teknis terkait hasil penelitian, melakukan analisis kesesuaian hasil riset dengan keinginan pasar. Potensi ekonomi juga akan dianalisis. Selanjutnya, hasil riset akan dipatenkan. Akhirnya, kapital ventura diundang untuk ikut menerapkan hasil riset para peneliti.

"Akan kita ajak pihak yang berminat untuk coba lebih dulu. Mereka juga akan berkantor di sini. Kita dari LIPI akan membantu," kata Bambang.

Dari proses di Inkubator Teknologi ini, diharapkan LIPI juga bisa mendapatkan timbal balik. "Ilmuwan bisa mendapatkan respon soal hasil penelitiannya dan apa yang harus diteliti lagi," ujar Bambang.

Kepala LIPI, Lukman Hakim, mengatakan, "Ini semua akan membutuhkan dukungan peneliti dan aktivitas di laboratorium. Peneliti harus menghasilkan sesuatu yang konkrit dan terukur."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com