Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Juta Dollar AS untuk Rehabilitasi PLG

Kompas.com - 24/04/2012, 13:54 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Dana sebesar lima juta dollar AS atau sekitar Rp 45 miliar dianggarkan untuk merehabilitasi dan merevitalisasi kawasan pengembangan lahan gambut. Anggaran untuk membenahi lahan di Kalimantan Tengah itu akan dimasukkan dalam enam program.

Staf Khusus Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) William P Sabandar di Palangkaraya, Kalteng, Selasa (24/4/2012), mengatakan, pihaknya saat ini tengah menyeleksi pelaksana rehabilitasi dan revitalisasi kawasan pengembangan lahan gambut (PLG).

Program-program yang akan dilaksanakan adalah rehabilitasi, pengelolaan, dan konservasi lahan gambut serta hutan yang berkelanjutan; pencegahan dan penanggulangan kebakaran; pengelolaan tata ruang dan infrastruktur; revitalisasi pertanian; pemberdayaan dan pengembangan sosial ekonomi masyarakat; serta pengembangan kelembagaan dan peningkatan kapasitas lembaga.

"Lembaga yang ingin menjadi pelaksana diminta memberi tahu paling lambat 30 April 2012. Selanjutnya, seleksi direncanakan selesai dalam dua pekan," ujar William.

Dana yang disediakan berasal dari Pemerintah Norwegia. Program PLG berhenti pada tahun 1999 sehingga sebagian kawasan itu menjadi rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com