Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Migas di Aceh Aman dari Gempa

Kompas.com - 11/04/2012, 19:16 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi  terus memantau kondisi fasilitas migas di pantai timur Sumatera menyusul terjadinya gempa di wilayah itu. Laporan sementara menunjukkan, gempa yang mengguncang daerah itu tidak berpengaruh terhadap fasilitas migas yang ada.

Kepala Divisi Humas, Sekuriti, dan Formalitas Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) Gde Pradnyana memaparkan hal itu saat dihubungi, Rabu (11/4/2012), di Jakarta.  

Gempa yang terjadi di pantai barat Sumatera, lanjut Gde Pradnyana, selama ini tidak berpengaruh terhadap fasilitas di pantai timur Sumatera, termasuk Arun. "Kebetulan semua fasilitas produksi migas kita ada di pantai timur," ujarnya menegaskan.  

Berdasarkan data BP Migas, ada sejumlah kontraktor kontrak kerja sama yang beroperasi di wilayah Aceh dan Sumatera, antara lain Blok B yang dikelola ExxonMobil, fasilitas anjungan minyak NSO, dan kilang gas alam cair (LNG) Arun.

Karena posisi anjungan di tengah laut, tsunami tidak terasa. Fasilitas migas di Aceh telah didesain tahan gempa dengan level yang ditetapkan.  

"Laporan dari kilang gas alam cair (LNG) Arun menunjukkan tidak ada kerusakan dan semua fasilitas masih beroperasi normal. Kami akan terus memantau perkembangannya," katanya.

Saat gempa mengguncang Aceh pada tahun 2004, beberapa fasilitas kilang LNG di Arun harus dihentikan, tetapi kini semua masih berjalan normal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com