Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupu-kupu Menginspirasi Pengembangan Panel Surya

Kompas.com - 03/04/2012, 15:48 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

SHANGHAI, KOMPAS.com - Sayap kupu-kupu tidak hanya cantik, tapi juga kolektor energi Matahari yang sangat baik sehingga mampu memberikan kehangatan bagi kupu-kupu itu sendiri.

Tongxiang Fan, ahli material dari Shanghai Jiao Tong University di Cina mengungkapkan bahwa sayap kupu-kupu bisa menjadi inspirasi pengembangan panel surya. "Kemampuan menyerap dan memanipulasi cahaya penting untuk performa perangkat energi surya," kata Fan seperti dikutip New York Times, Senin (2/4/2012).

Fan mempelajari struktur sayap dua kupu-kupu hitam memakai mikroskop elektron. Kupu-kupu hitam dipilih karena mampu menyerap cahaya matahari secara maksimum.

Fan menemukan bahwa sayap dua jenis kupu-kupu itu terdiri dari struktur serupa sisik yang berbentuk persegi panjang. Struktur itu tersusun serupa susunan atap rumah.

Struktur serupa sisik itu juga tersusun cukup curam, dengan lubang kecil menuju lapisan kedua. Struktur tersebut membantu panas terarah ke lapisan kedua sehingga kupu-kupu mendapatkan panas cukup.

Fan telah mengembangkan panel surya sesuai dengan desain alami sayap kupu-kupu. "Prototipe ini sangat, sangat efektif," ungkap Fan.

Kini, Fan dan rekannya tengah mengembangkan prototipe sehingga bisa diproduksi massal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com