Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Area Terbesar untuk Pelepasliaran Orangutan

Kompas.com - 27/03/2012, 17:33 WIB
Hermas Effendi Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com PT Kayung Agro Lestari (KAL), anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJ Agri), akan menyerahkan lahannya sekitar 3.400 hektar di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar), untuk dijadikan kawasan konservasi.

Kawasan konservasi ini direncanakan untuk menampung pelepasliaran 40 orangutan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalbar (BKSDA Kalbar), yang sejauh ini merupakan area terbesar bagi pelepasliaran orangutan di Indonesia.

Dalam siaran pers yang diterima, Selasa (27/3) di Jakarta, Direktur Public Affairs ANJ Agri Sucipto mengatakan, berdasarkan pemantauan BKSDA Kalbar dan studi yang dilakukan oleh Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada pada akhir 2011, pada wilayah hutan produksi konversi (HPK) seluas 17.987 hektar, yang telah dicadangkan untuk pembangunan perkebunan kelapa sawit PT KAL di Kabupaten Ketapang, Kalbar, terdapat wilayah yang bisa dijadikan hutan bernilai konservasi tinggi (high conservation value atau HCV).

Menurut penelitian Universitas Gadjah Mada (UGM), distribusi orangutan merata di seluruh kawasan seluas lebih dari 3.400 hektar itu, yaitu rata-rata tiga individu per kilometer. Selain orangutan, berdasarkan hasil penelitian dari UGM, di area PT KAL yang akan menjadi kawasan konservasi tersebut terdapat lebih kurang 30 jenis satwa liar, termasuk beruang madu, rusa sambar, kucing kuwuk, lutung dahi putih, dan berbagai spesies burung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com