Ditemukan di New York, Katak Jenis Baru

Kompas.com - 15/03/2012, 12:14 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com — Jeremy Feinberg dari Rutgers University di New Jersey menemukan katak jenis baru di New York. Semula, katak tersebut dikira spesies katak tutul yang sudah dikenal. Namun, analisis suara dan DNA mengungkap bahwa katak itu ternyata spesies berbeda.

Feinberg mengungkapkan, katak tutul biasanya memiliki suara yang panjang. Sementara itu, spesies katak baru ini memiliki suara yang pendek dan repetitif.

"Ketika saya pertama kali mendengar suara katak ini, suaranya begitu berbeda. Saya tahu ini sesuatu yang salah," kata Feinberg seperti dikutip BBC, Rabu (14/3/2012).

Katak tersebut saat ini bisa ditemukan di State Mainland dan New Jersey.

Dengan menganalisis habitat dan sebarannya, ilmuwan percaya bahwa habitat katak itu tersebar di seluruh New York dengan pusat populasi di Yankees Stadium, tempat katak itu pertama kali ditemukan.

Penemuan spesies baru ini dipublikasikan di jurnal Molecular Phylogenetics and Evolution yang diterbitkan baru-baru ini. Penemuan dihasilkan atas kerja sama University of California, Rutgers, UC Davis; dan University of Alabama.

Brad Shaffer, salah satu anggota tim peneliti, mengatakan, "Untuk sebuah spesies baru yang lama tak dikenali di wilayah ini, ini sangat mengagumkan."

Menurutnya, penemuan ini menunjukkan bahwa di kota sebesar apa pun, spesies baru tetap dapat ditemukan dan bisa lenyap alias punah jika tak ada upaya konservasi.