Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Kandidat Planet Ditemukan

Kompas.com - 06/03/2012, 21:18 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Jumlah kandidat planet yang ditemukan wahana antariksa Kepler semakin bertambah. Jumlahnya hampir dua kali lipat angka yang diperkirakan sebelumnya.

Baru-baru ini, astronom menemukan 1.091 kandidat planet ekstrasurya. Jumlah itu masih ditambah 1.235 planet yang ditemukan sebelumnya, sehingga jumlah total kandidat planet mencapai 2.321 buah. Analisis untuk mengonfirmasi kandidat planet itu masih terus dilakukan. Ilmuwan optimistis jumlah planet akan terus bertambah.

"Kami punya alasan statistik sehingga saat ini kami bisa yakin bahwa 90 persen kandidat planet adalah planet yang sebenarnya," kata Ronald Gilliland, salah satu anggota tim Kepler.

Dari ribuan kandidat planet itu, 61 di antaranya telah dinyatakan benar-benar planet. Kandidat baru planet yang ditemukan beragam. Ada 196 planet yang mirip Bumi, jumlah ini empat kali lipat dari perkiraan sebelumnya. Adapun jumlah super-Erath, planet berukuran 2 kali Bumi, sebanyak 416 buah.

Dengan jumlah planet tersebut, makin besar kemungkinan bagi manusia untuk menemukan planet layak huni. Penemuan kandidat planet baru ini dipublikasikan di ArXiv.org dan sebentar lagi bakal dimuat juga di Astrophysical Journal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com