Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

T-Rex Memiliki Gigitan Terkuat

Kompas.com - 29/02/2012, 20:26 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Tyranosaurus rex memiliki gigitan terkuat dibandingkan makhluk darat penghuni Bumi lainnya.

Dr Karl Bates dari laboratorium biomekanik Universitas Liverpool adalah peneliti yang mengungkapkan fakta tersebut dalam publikasi di jurnal Biology Letters.

Bates dan rekannya melakukan pemodelan. Ia membuat versi digital 3D dari salinan rangka T-rex yang ada di Museum Manchester serta mulai memetakan otot-otot yang berperan dalam gigitan.

Dalam simulasinya, Bates menganalisis gaya-gaya dalam gigitan dengan mengaktivasi atau mengontraksikan otot secara penuh. Bates mengukur gaya yang bekerja ketika rahang menutup dan gigi beradu.

"Gaya maksimum yang kita temukan, bagian atas dari gigi, adalah antara 30.000 - 60.000 Newton. Besarnya gaya ekuivalen dengan gajah ukuran sedang yang duduk di atas tubuh Anda," kata Bates seperti dikutip BBC, Rabu (29/2/2012).

Besarnya gaya tersebut melebihi perkiraan sebelumnya yang hanya 8000-13.000 Newton.

Bates mengatakan, gaya gigitan T-rex akan semakin besar seiring bertambahnya usia dan ukuran kepala. Peningkatan tidak terjadi secara linier, tapi bisa cukup drastis.

Bill Sellers dari Universitas Manchester yang mempelajari kemampuan fisik satwa yang masih eksis dan yang sudah punah mengatakan, "Saya pikir semua orang mengharapkan T-rex memiliki gigitan kuat, tapi ternyata yang dimiliki jauh lebih kuat dari yang diharapkan."

Sellers mengatakan, mempelajari T-rex bisa membantu ilmuwan memahami keterbatasan biologis yang dimiliki makhluk hidup. ia mengatakan, dalam soal mekanik, ukuran yang dimiliki makhluk hidup memang jadi urusan penting.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com