Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sengketa Lahan Bakal Jadi Rembugan Ilmuwan

Kompas.com - 28/02/2012, 18:46 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sengketa masalah lahan marak di Indonesia. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) dan Ikatan Ilmuwan Indonesia International (I4) bakal merembug permasalahan tersebut.

Pembahasan masalah agraria akan diadakan dalam diskusi bertajuk “Inovasi dan Kebijakan Pertanahan di Indonesia serta Peranan Larasita sebagai salah satu Strategi Pembangunan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat berdasar Strategi Pembangunan dan Pemberdayaan Kawasan” yang akan diselenggarakan di Aula STPN BPN RI, Yogyakarta, Senin (5/3/2012) mendatang.

“Seminar ini dimaksudkan untuk mencoba memberikan alternative solusi terhadap permasalahan pertanahan di Indonesia yang kian kompleks,” Ujar Prof. Endriatmo Sutarto, Ketua STPN BPN RI.

Beberapa pembicara yang hadir adalah Prof. Dr. Endriatmo Sutarto (Ketua STPN/ Guru Besar IPB), Prof. Dr. Rajanta, M.Sc (Ketua Pusat Studi Pembangunan Regional / Guru Besar UGM), Ir. M. Rukhiyat Noor, M.M. (Kapusdatin BPN RI), Dr. Satyawan Sunito (Kepala Pusat Kajian Agraria IPB), serta Dr. Riza Muhida (STKIP Surya & Wakil Ketua Dalam Negeri I-4).

Ketua Panitia, Affan Sutarto, mengatakan “Seminar ini adalah kegiatan pre-event dari Forum Inovasi dan Bisnis Indonesia 2012 yang akan dilaksanakan beberapa bulan kedepan”.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) terhadap inovasi karya anak bangsa agar dapat terus ditumbuh kembangkan secara nyata dan berkesinambungan, dengan harapan untuk memberikan manfaat riil bagi kemajuan bangsa dan negara di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com