Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

35 Spesies Alga Beracun Ada di Indonesia

Kompas.com - 21/02/2012, 19:13 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Peneliti biologi kelautan berhasil mengidentifikasi adanya alga beracun di lautan. Dari 300 spesies yang ada di dunia, 35 spesies di antaranya terdapat di Indonesia.

"Salah satu yang paling beracun adalah golongan Pyrodinium. Alga ini tersebar di Teluk Kao, Lampung, Ambon, serta laut antara Kalimantan dan Sulawesi," kata Tumpak Sidabutar, peneliti Pusat Penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 LIPI).

Menurut Tumpak, alga Pyrodinium mengandung paralytic shellfish poisoning (PSP) yang dapat mengakibatkan kerusakan saraf dan paralyzed. "Kasus akibat alga ini pernah terjadi di Ambon dulu, ada dua korban yang meninggal," ujar Tumpak saat dihubungi Kompas.com, Selasa (21/2/2012).

Tumpak mengatakan, racun yang dimiliki jenis alga beracun bisa terakumulasi pada tubuh hewan laut lewat proses rantai makanan. Bahaya muncul saat manusia mengonsumsi ikan serta beragam produk laut lainnya. Bahaya paling besar terjadi jika seseorang mengonsumsi kerang-kerangan karena kerang lebih bisa mengakumulasi racun ini.

Kepala P2 Oseanografi LIPI Zainal Arifin mengatakan, penelitian lebih mendalam tentang jenis, sebaran, dampak, serta kandungan racun jenis-jenis alga beracun perlu dilakukan untuk mengantisipasi dampaknya. Oleh karena itu, digagaslah The North Pacific Marine Science Organization (Pices) Harmful Algae Blooms (HAB) untuk mendiskusikan dan menyusun langkah rencana penelitian dengan melibatkan negara yang lebih berpengalaman.

LIPI saat ini menjalin kerja sama dengan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dari Amerika Serikat untuk melakukan penelitian tentang blooming algae. Pemantauan terhadap blooming algae itu dilakukan dengan satelit. Peneliti kemudian akan mengambil sampel untuk mengetahui jenis alganya, apakah beracun atau tidak. Hasil penelitian itu diharapkan bisa menjadi rekomendasi bagi pemerintah daerah ataupun pusat untuk mulai mengupayakan keamanan makanan laut dari sisi toksikologi.

Sejak Senin (20/2/2012) hingga Rabu (22/2/2012), P2 Oseanografi LIPI mengadakan seminar pelatihan dan seminar "Seafood Safety in Indonesia" dengan menghadirkan pembicara dari NOAA, LIPI, Indonesia Marine and Climate Support (IMACS), dan United States Agency for International Development (USAID).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com