Selasa, 21 Oktober 2014

News / Sains

Butuh Rp 300 Miliar untuk Kebun Raya Sumsel

Senin, 6 Februari 2012 | 22:06 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Rencana pembangunan kebun raya di Sumatera Selatan seluas 100 hektar diperkirakan membutuhkan dana sebesar Rp 300 miliar. Ketua Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Provinsi Sumsel, Dr Ekowati Retnoningsih, mengatakannya usai rapat persiapan pembangunan kebun raya di Palembang, Senin (6/2/2012).

Retnoningsih mengungkapkan, dana untuk pembangunan kebun raya itu nantinya berasal dari APBN dan pihak ketiga. APBD Provinsi Sumsel nantinya hanya tambahan dalam pembangunan kebun raya tersebut. Pihaknya lebih memprioritaskan dana pihak ketiga dalam pembangunan kebun raya itu.

Sementara mengenai lokasi kebun raya itu, kata Retno, akan berada di tanah milik Pemerintah Propinsi Sumsel di perbatasan antara Kabupaten Muara Enim dan Ogan Ilir. Pelaksanaan pembangunan sendiri akan dimulai pada 2013.

Kebun raya di Sumsel merupakan hal yang khusus di Indonesia, karena lahannya terdiri atas areal kering dan basah, kata dia. Ini berbeda dengan di Bogor dan Bali yang lahannya di atas tanah kering. Retnoningsih menuturkan, kebun raya itu akan ditanami berbagai komoditas khas Sumsel serta Indonesia termasuk jenis obat-obatan.


Penulis: Yunanto Wiji Utomo
Editor : Tri Wahono
Sumber: