Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumbang Kemilau Bagai Berlapis Glitter

Kompas.com - 30/01/2012, 20:30 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

PARAMARIBO, KOMPAS.com - Proyek Conservation International Rapid Assesment Program berhasil menemukan 46 spesies baru di hutan wilayah Suriname. Salah satu spesies baru eksotik yang ditemukan adalah kumbang air yang berkilau bagai berlapis glitter.

Nama spesies kumbang air yang ditemukan adalah Oocylcus trio. Warna tubuh kumbang itu dominan hijau kemilau. Tubuh juga dihiasi spot-spot berwarna biru laut, kuning serta aksen keemasan.

Kumbang yang ditemukan merupakan salah satu anggota genus  Oocylcus yang berhabitat di batuan basah dan wilayah dekat air terjun. Bagian kaki kumbang tersebut memiliki struktur rambut spiky yang tampak bagai duri.

Spesies baru tersebut ditemukan dalam ekspedisi bulan Agustus - September 2010 di wilayah Sungai Sipaliwini dan Kutari di Suriname. Selain spesies ini, spesies lain yang ditemukan adalah katak koboi dan lele berduri.

Selain penemuan spesies baru dan pemantauan kondisi habitat, proyek Conservation International juga dilakukan dalam upaya kerjasama dengan masyarakat adat setempat. Tujuannya adalah memberdayakan masyarakat adat lewat ekoturisme sekaligus mengajak masyarakat mendukung proyek konservasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com