Rabu, 30 Juli 2014

News / Sains

Pesawat Ulang Alik Discovery Dibawa ke Smithsonian

Selasa, 24 Januari 2012 | 18:49 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Smithsonian National Air and Space Museum bersiap menyambut kedatangan pesawat ulang alik Discovery. Pesawat ulang alik yang sudah beroperasi selama 27 tahun itu akan menjadi penghuni baru museum tersebut.

Wayne Clough, sekretaris Smithsonian, mengatakan bahwa pesawat ulang alik itu akan diterbangkan ke Washington Dulles International Airport di belakang pesawat Boeing 747 pada bulan April. Sebuah flyover akan direncanakan sebelum Discovery benar-benar masuk museum.

Clough seperti dikutip AP, Selasa (24/1/2012) mengatakan, flyover akan diadakan pada tanggal 17 April 2012. Sementara itu, penyambutan Discovery secara resmi akan diadakan pada tanggal 19 April 2012 di Udvar-Hazy Center di Virginia.

Discovery telah digunakan Badan Antariksa AS (NASA) sejak penerbangan pertama pada 30 Agustus 1984. Pesawat ulang alik tersebut mengakhiri misinya setelah mendarat dari penerbangan terakhir ke International Space Station pada 9 Maret 2011 lalu. Selama kurun waktu 27 tahun itu, Discovery telah melakukan penerbangan sebanyak 39 kali ke stasiun antariksa internasional (ISS).

Setelah Discovery, pesawat ulang alik Endeavour akan menjadi pesawat kedua yang masuk kandang, menuju California Science Center di Los Angeles. Sementara pesawat ulang alik Atlantis tetap akan di Kennedy Space Center Florida untuk dipamerkan kepada pengunjung.


Penulis: Yunanto Wiji Utomo
Editor : Tri Wahono
Sumber: