Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gajah Sumatera Akan Punah dalam 30 Tahun

Kompas.com - 24/01/2012, 15:24 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gajah sumatera akan punah dalam tiga dekade kecuali langkah cepat bisa diambil untuk menghambat laju deforestasi.

International Union for Conservation of Nature (IUCN) menyatakan bahwa gajah sumatera adalah spesies yang terancam punah karena populasinya menurun menjadi 2.400-2.800 dari sekitar 5.000 ekor pada 1985.

Penurunan populasi dikatakan disebabkan oleh perusakan habitat, di mana hutan di Sumatera ditebang dan dikonversi menjadi lahan kelapa sawit dan mendukung kepentingan industri pulp and paper.

"Gajah sumatera menjadi anggota spesies terancam punah yang terus bertambah jumlahnya," kata Carlos Drew dari WWF seperti dikutip AP, Selasa (24/1/2012).

"Kecuali aksi konservasi dan segera dan efektif, hewan luar biasa ini akan punah dalam masa hidup kita," ujarnya.

Gajah sumatera silaporkan sering berkonflik dengan warga desa. Akibat konflik, gajah ini sering kali dibunuh. Gajah juga diburu untuk gadingnya.

Sumatera merupakan salah satu habitat gajah terpenting Asia, selain India dan Sri Lanka. Sumatera juga merupakan habitat bagi orangutan sumatera yang juga terancam punah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com