Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah SD Beri Nama untuk Wahana Antariksa NASA

Kompas.com - 18/01/2012, 14:59 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Dua wahana antariksa milik NASA yang bertugas mengobservasi Bulan, Gravity Recovery Interior Laboratory (Grail) A dan B kini memiliki nama baru, yakni Ebb dan Flow. Penamaan ulang dua wahana ini dilakukan oleh dua pelajar sekolah dasar yang masing-masing bernama Kennedy Stock (9) dan Chandler Foust (10).

Kedua pelajar tersebut berasal dari Emily Dickinson School di Bozeman, Montana. Mereka adalah pelajar yang memenangi kontes penamaan ulang setelah mengalahkan lebih dari 11.000 pelajar.

Maria Zuber dari Massachusets Institute of Technology yang juga pimpinan investigasi misi Ebb dan Flow mengatakan, "Kami terlalu sibuk merancang dan memastikan wahana ini diluncurkan tepat waktu. Jadi, ketika memberi nama, kami langsung menyebut A dan B, dan itu tak terlalu kreatif. Jadi, kami mengajak kaum muda di Amerika untuk menjadi asisten kami."

"Dua pelajar menemukan fakta bahwa Grail akan mempelajari gravitasi Bulan dan bahwa efek dari gravitasi tersebut bisa dilihat setiap hari dalam bentuk gelombang pasang. Jadi, mereka memilih Ebb dan Flow karena itu adalah contoh sehari-hari bagaimana gravitasi Bulan berdampak pada Bumi," papar Zuber seperti dikutip AFP, Rabu (18/1/2012).

Grail bukanlah wahana antariksa pertama yang penamaannya melibatkan pelajar. Sebelumnya, wahana antariksa yang bertugas ke Mars, Curiosity, dinamakan oleh pelajar bernama Clara Ma pada 2009. Grail adalah misi ke Bulan berbiaya 500 juta dollar AS yang diluncurkan pada September dan sampai ke orbit Bulan pada awal Januari kemarin. Wahana ini mula memetakan Bulan pada Maret nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com