Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sore Ini, Tol Jakarta-Merak Masih Lumpuh

Kompas.com - 15/01/2012, 15:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hujan deras yang mengguyur Banten selama dua hari membuat kali Ciujung, Serang, meluap. Jalan Tol Jakarta-Merak masih lumpuh, dan hingga menjelang sore ini ketinggian air mencapai sekitar 1,2 meter akibat luapan Sungai Ciujung. Hal serupa pernah terjadi pada 2001.

Akibatnya, warga di sekitar Kali Ciujung harus mengungsi. Saat ini, sekitar 2.000 warga setempat menjadikan bahu jalan tol Jakarta-Merak untuk mengungsikan diri.

"Jumlah pengungsi sekarang bertambah. Dari Kecamatan Kragilan, jumlahnya mencapai 1.158 kepala keluarga," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banten Suyadi Wiraatmadja, Minggu (15/1/2012).

Menurut Suyadi, Kecamatan Kragilan termasuk yang paling parah karena posisinya dekat dengan Kali Ciujung. Tiap kali perumahan mereka diterjang banjir, warga Kragilan akan naik dan berlindung di bahu jalan tol. Selain warga Kecamatan Kragilan, tol Jakarta-Merak juga dipenuhi warga dari Kecamatan Kibin. Menurut Suyadi, setidaknya ada 832 kepala keluarga Kecamatan Kibin yang memilih jalan tol sebagai tempat perlindungan. (Yogi Gustaman/Hendra Gunawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com