Kamis, 31 Juli 2014

News / Regional

Masalah Pertanahan

4 Orang Terluka dalam Konflik Lahan di Jambi

Rabu, 11 Januari 2012 | 18:58 WIB

JAMBI, KOMPAS.com — Sebanyak empat orang terluka dan dalam kondisi kritis di Rumah Sakit Umum Daerah Bungo, Jambi.

Itu terjadi akibat bentrok antara warga pendatang dan petugas PT Lestari Asri Jaya, dalam areal hutan tanaman industri yang dikelola perusahaan itu di Desa Balai Rajo, Kecamatan Tujuh Koto Ilir, Kabupaten Tebo, Jambi, Rabu (11/1/2012) sekitar pukul 12.00.

Dalam bentrokan, berdasarkan informasi, massa diduga membakar kantor, mes, serta 4 alat berat dan 12 motor milik perusahaan.

Konflik berawal dari terjadinya pemukulan terhadap staf PT Lestari Asri Jaya (LAJ) oleh warga sehari sebelumnya. Warga yang sebagian besar berasal dari wilayah Sumatera Utara tersebut bekerja di lahan yang diklaim sebagai warisan Sultan Thaha. Mereka memukul petugas karena kesal ditegur telah merambah lahan.

Setelah peristiwa itu, aparat Kepolisian Sektor Tujuh K oto Ilir mendatangi warga untuk mencari pelaku pemukulan. Tidak terima atas perlakuan aparat, massa bekumpul di sekitar kamp milik perusahaan, hingga berlanjut pada bentrok.

Kepala Seksi Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan Tebo, Sumarjo, mengatakan belum bisa memberi keterangan terkait kejadian.


Penulis: Irma Tambunan
Editor : Agus Mulyadi