Sabtu, 22 November 2014

News / Sains

Stasiun Ruang Angkasa Melintas di depan Bulan

Minggu, 8 Januari 2012 | 22:37 WIB

KOMPAS.com - Dua orang juru foto telah mengabadikan peristiwa spektakuler yang menggambarkan bagaimana stasiun ruang angkasa internasional (ISS) melesat di langit malam dan terbang melintasi bulan sebelum akhirnya menyeberangi Jupiter.

Dalam salah satu seri foto, fotografer NASA Lauren Harnett menangkap gambar bulan pada saat stasiun ruang angkasa lewat di depannya dalam peristiwa yang oleh para ilmuwan sebut "transit."

Harnett mengambil foto pada Rabu, 4 Januari 2012 dari Johnson Space Center di Houston. Dia kemudian digabungkan foto-fotonya menjadi tampilan komposit yang menunjukkan ISS sebelum dan setelah menyeberangi bulan.

"Dia harus mendapatkan waktu yang tepat dengan jendela visibilitas yang terbatas oleh kabut dan awan, dan saya pikir dia punya beberapa hasil yang sangat baik," kata juru bicara NASA Mike Gentry.

Stasiun Ruang Angkasa Internasional adalah wahana antariksa terbesar yang pernah dibangun, dengan rangka utama lebih panjang dari lapangan sepak bola. Saat ini ISS menjadi rumah bagi enam orang (tiga orang Rusia, dua warga Amerika dan seorang astronot Belanda) dan mengorbit 390 kilometerdi atas Bumi pada kecepatan sekitar 28.000 kilometer per jam.

Pada kondisi tertentu, stasiun itu bisa terlihat lebih cemerlang dibanding Planet Venus dan dapat dilihat dengan mata telanjang oleh mereka yang tahu di mana mencarinya.


Editor : A. Wisnubrata
Sumber: